UA-109841830-1

Warga Timika Berterima Kasih Kepada Presiden Jokowi Berkat Lancarnya Pasokan BBM


 https://elshinta.com/upload/article/_0309247957.jpg

Pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke Timika, Papua, dari Pelabuhan Transit BBM Wayame Ambon dan Tual selama ini cukup lancar.
 
Junior Supervisor Terminal BBM Paumako-Timika Zefnat Waroy di Timika, Minggu (15/1), mengatakan sejak pengangkutan BBM ke Timika menggunakan kapal tanker berkapasitas 1.900 kiloliter (kl) maka pelayanan BBM di wilayah Timika dan sekitarnya tidak pernah mengalami hambatan.

"Sekarang ini hampir tidak pernah terjadi kelangkaan BBM di wilayah Timika karena kami mengoperasikan kapal tanker yang bisa mengangkut 1.900 kl BBM. Kalau dulu pengangkutan BBM ke Timika masih menggunakan kapal kecil berkapasitas 1.000-1.200 KL sehingga ketahanan BBM di Timika tidak lama," jelasnya.

Menurut dia, kapal tanker yang memasok BBM ke Timika mengisi BBM di Pelabuhan Transit BBM Wayame Ambon dengan waktu tempuh perjalanan selama empat hari. Namun kalau stok BBM tersedia di Tual, Maluku Tenggara, maka kapal tanker tersebut mengisi BBM di Tual dengan waktu tempuh perjalanan ke Timika hanya sekitar dua hari.

Zefnat mengatakan saat ini persediaan BBM pada depot Jober Pertamina di kawasan Pelabuhan Paumako cukup memadai.

Stok premium dilaporkan sebanyak 1.291 kl dengan ketahanan selama 13 hari ke depan, solar sebanyak 1.814 kl dengan ketahanan hingga 10 hari ke depan.

Selanjutnya stok minyak tanah sebanyak 197 kl dengan ketahanan hingga tujuh hari ke depan dan avtur sebanyak 308 kl dengan ketahanan selama enam hari ke depan.

Adapun pasokan BBM ke empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Timika juga tidak menemui kendala.

Jumlah pasokan BBM disesuaikan dengan permintaan pihak pengelola APBU.

"Tergantung permintaan mereka. Biasanya untuk premium setiap hari kita layani 48 kl untuk setiap SPBU. Adakalanya mereka hanya minta 32 kl atau 16 kl kalau stok di SPBU masih banyak," jelas Zefnat.

Adapun pasokan solar berbeda untuk masing-masing SPBU.
Pasokan solar dari Jober Pertamina Paumako ke SPBU Astika Timika Jaya SP2 Timika setiap hari sebanyak 16 kl, SPBU Mimika Timur Jaya Nawaripi sebanyak 10 kl, SPBU Buana Agung Jalan Hasanuddin sebanyak 8 kl dan SPBU Tenang Papua Kilometer 8 Jalan Poros Timika-Paumako sebanyak 5 kl.

0 komentar:

Posting Komentar