UA-109841830-1

Program 1 M Agus Yudhoyono Yakin Kurangi Pengangguran Di Jakarta



Cara Agus Yudhoyono Kurangi Pengangguran: Libatkan Masyarakat dan Beri Dana



Calon gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memaparkan 10 program unggulan kepada beberapa komunitas pendukungnya. Salah satu program yang dia paparkan adalah pengurangan pengangguran dan penciptaan lapangan kerja.

"Program yang saya tawarkan pemberdayaan komunitas harus menjadi basis pembangunan Jakarta. Yang dari bawah mempunyai hak menyerukan aspirasinya. Mereka yang di bawah tidak merasa dilibatkan didengar aspirasinya, bahkan dicurigai. Mereka harus dilibatkan secara langsung," ucap Agus di resto Es Teller 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2016). 

Program yang dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan, kata Agus bermula dari ruang lingkup terkecil. Oleh karenanya akan dialokasikan dana Rp 1 M bagi komunitas RT dan RW. 

"Mereka garda terdepan dan paling tahu kebutuhan dan masalah lingkungannya. Bentuknya adalah program. Di sini butuhnya perbaikan jalan, di sebelahnya masalah air, RW lain musala tak layak, jadi macam-macam," kata Agus. 

"Mereka duduk bersama dan mereka ajukan ke pemprov. Sehingga tidak ada penyelewengan. Itulah paradigma baru. Bottom up-top down. Ketemu ditengah-tengah yang dipimpin langsung gubernur. Bagi gubernur esensinya semua merata," tambah dia

Bagi Agus, peningkatan kemampuan warga menengah ke bawah adalah yang utama. Karena nantinya akan dialokasikan pula dana bergulir bagi para pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya yang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja. 

"Kita ingin meningkatkan kemampuan warga melalui usaha dengan dana bergulir. Mereka kecil dan enggak berkembang. Kita ingin memajukan usahanya," ucap Agus.

"Pengangguran terbuka di Jakarta berjumlah 368 ribu. Dengan dana bergulir Rp 1 triliun tahap pertama, maka diharapkan bisa menghasilkan 20 ribu lapangan usaha maka bisa mengurangi 100-200 ribu pekerja. Dengan asumsi setiap usaha terdiri dari lima pekerja," pungkas Agus.

0 komentar:

Posting Komentar