UA-109841830-1

Rasa Nasionalis Yang Tinggi Warga Bandung Ini Jauh-Jauh ke Papua Untuk Jualan Bendera Merah Putih


 foto: Edy Siswanto/iNews


Perayaan 17 Agustus 2016 sebentar lagi berlangsung. Pedagang musiman yang menjajakan umbul-umbul dan Bendera Merah Putih bermunculan di Kota Jayapura, Papua.
 
Bahkan di antara pedagang musiman di Jayapura, ada yang jauh-jauh datang dari Pulau Jawa. Salah satunya Nurdin, pria asal Bandung, Jawa Barat. Dia berjualan di depan Kantor Perwakilan Departemen Agama Provinsi Papua.

"Saya dan teman-teman berjualan sejak 24 Juli lalu. Kami datang langsung datang dari Bandung, Jawa Barat untuk jualan di sini," ungkap Nurdin, Selasa (9/7/2016).

Bisnis menjual umbul-umbul dan Bendera Merah Putih di Jayapura menurutnya sangat menjanjikan. Selain dari segi keuntungan, persaingan pun minim. Hal ini karena warga Papua tidak ada yang menjalani bisnis tersebut.

"Tapi saya rasa kalau ada (warga setempat) yang berminat boleh saja, bisa mengambil barang dari kami," tambahnya.

Nurdin membawa barang dagangan 100 kodi dari Bandung. Dia mematok harga bendera dan umbul-umbul mulai Rp5.000 sampai Rp300 ribu. Berjualan hingga 16 Agustus nanti, Nurdin memprediksi mendapat keuntungan di atas Rp6 juta.

"Lumayan, adalah kalau Rp7-8 juta untungnya. Itu dari kami mulai jualan sampai 16 Agustus," ujarnya sedikit malu-malu membocorkan penghasilannya.

Sementara mengenai konsumen yang sering membeli dagangannya, Nurdin menjelaskan, hingga saat ini pembeli masih didominasi instansi, sedangkan masyarakat belum terlihat.

"Mungkin kalau masyarakatkan belinya sudah tahun lalu dan disimpan. Kalau kantor mungkin barangnya sudah enggak bagus atau tercecer, makanya banyakan mereka beli lagi," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar